Selasa, Juli 31, 2012

[Because It's Me] Ngeblog itu Memerdekakan!


NGEBLOG ITU MEMERDEKAKAN!

Aku suka menulis sejak kecil, menulis diary, puisi, maupun cerpen ala kadarnya untuk dibaca diri sendiri. Itu sebab ketika remaja aku sangat menyukai korespondensi dan memiliki beberapa sahabat pena. Sampai sekarang – hampir tiga dekade kemudian – aku masih terhubung dengan beberapa dari mereka lewat social media.

Sedangkan untuk ngeblog, aku mulai melakukannya sekitar pertengahan tahun 2005. Mulai serius ngeblog satu tahun kemudian, awal tahun 2006. Kali ini aku ngeblog bukan hanya karena aku suka menulis melainkan ada banyak hal yang ingin kusampaikan pada dunia. Ngeblog menjadi satu katarsis yang begitu melegakan hati dan pikiran: berbincang tentang perempuan! Bahwa perempuan setara dengan laki-laki dalam segala hal sehingga tidak boleh ada diskriminasi berdasarkan jenis kelamin. Blogku pun kuberi judul A FEMINIST BLOG. Baru beberapa bulan yang lalu judulnya kuganti menjadi “NANA PODUNGGE’S SIMPLE THOUGHT” setelah menyadari bahwa isi blog yang satu ini bervariasi, tidak hanya berkisar tentang perempuan dan kesetaraan jender.

ketika berkunjung ke Dieng - Wonosobo
Kesetaraan jender menjadi satu topik utama di blogku di awal tahun 2006 itu. Dan karena tulisan-tulisan awal aku ngeblog itu masih sangat terpengaruh aku menulis untuk tugas-tugas kuliah, aku menulis dalam Bahasa Inggris. Mungkin pada waktu itu masih jarang orang yang menulis blog dalam Bahasa Inggris, dan keseriusanku ngeblog, maka seorang blogger terkemuka di Indonesia – Fatih Syuhud – memasukkanku sebagai “blogger Indonesia of the week” di web-nya di tahun 2007.  Di akhir tahun 2008, Fatih Syuhud menempatkanku sebagai salah satu TOP TEN BLOGGER OF THE YEAR. Dan pada tahun 2009, TheJakarta Globe mewawancaraiku sebagai salah satu dari sepuluh blogger yang terpilih karena konsisten ngeblog dalam Bahasa Inggris di sini.

dalam perjalanan bersepeda keliling Pulau Karimun Jawa
Untuk mempromosikan blog, di tahun 2006 aku mengikuti beberapa milis dan mengirim tulisanku beserta link ke blog ke milis-milis tersebut. Membaca tulisan-tulisanku yang mungkin dia anggap berbobot, namun ditulis dalam Bahasa Inggris dan mungkin masih banyak orang yang awam bahasa satu ini, seorang sahabat menyarankan agar aku juga menulis dalam Bahasa Indonesia – agar lebih mudah dipahami masyarakat umum – akhirnya membuatku mulai menulis menggunakan bahasa ibu ini. Dari blogku yang beralamat di http://afeministblog.blogspot.com aku mulai mengembangkan hobi ini dengan membuat blog-blog lain, tetap dengan menggunakan ID yang sama. Salah satunya, blog yang beralamat di Serba-serbi Kehidupan kubuat di pertengahan tahun 2007 untuk mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh sebuah universitas swasta di kotaku dimana aku menjadi salah satu pemenangnya. Jika di awal, aku lebih intens pada topik perempuan dan kesetaraan jender, selanjutnya aku mulai melebarkan sayap dengan mulai menulis tentang pengajaran – duniaku sehari-hari – dan spiritualitas selain juga resensi buku/cerpen/puisi juga film. Semenjak aku suka berbikepacking (berwisata dengan mengendarai sepeda), aku pun mulai rajin menulis kisah-kisah bikepackingku. Khusus untuk hobi yang satu ini, aku juga membuat blog khusus di My Biking Journey Selain sebagai arsip pengalaman bersepeda, blog ini juga kugunakan untuk mengkampanyekan memiliki lifestyle yang sehat: bersepeda ke tempat kerja, ke toko buku, ke rumah makan, ke supermarket, sekaligus touring antar kota.

dalam perjalanan menuju Pantai Nampu Wonogiri
Di awal-awal aku ngeblog, aku menggunakan komputer yang kubeli dengan menggunakan uang untuk riset tesis yang kudapatkan ketika kuliah tahun 2005. Komputer pertama yang kupunyai ini menemaniku dengan setia sampai tahun 2010. Pertama terkena virus, komputer ini masih bisa diselamatkan dan masih bisa kupakai lagi. Namun ketika terkena virus yang kedua kali, aku harus mengucapkan selamat tinggal kepadanya. L Maka bisa dipastikan, hobi menulis dan ngeblogku tersendat. L Aku terpaksa menggunakan buku untuk menulis ide-ide yang muncul di otakku untuk kemudian menuliskannya ketika aku memiliki waktu luang di kantor, menggunakan komputer yang disediakan kantor. J Atau ketika aku ke warnet, aku akan menulis dan langsung posting di blog. Sangat tidak praktis, tapi apa boleh buat?
di Candi Cetho - Karanganyar

Maka, bisa dibayangkan betapa bersukacitanya aku ketika tahu bahwa www.femaledaily.com mengadakan lomba “Because It’s Me, Express Your Vaio Personality” dengan hadiah utama SONY VAIO E14P! Pucuk dicinta ulam tiba! Siapa pun tahu bahwa SONY VAIO adalah merek yang sangat bergengsi dan bermutu tinggi. Siapa kah yang akan menolak ketiban rejeki nomplok ini? NO ONE! Dan karena di kalangan mahasiswa maupun siswa aku dikenal sebagai “Ms. Black” karena aku begitu suka mengenakan busana berwarna hitam, tentu aku pun memilih SONY VAIO E14P yang berwarna hitam. SONY VAIO E14P hitam sangat aku banget! Aku suka warna hitam. Aku suka menulis. Aku suka ngeblog. (Dan sudah kubayangkan akan bepergian bikepacking dengan membawa MY BLACK SONY VAIO E14P, sehingga di tengah perjalanan aku bisa langsung mengabadikan pengalamanku. Betapa kerennya!)

I LOVE BLACK SONY VAIO E14P BECAUSE IT’S ME!

Sony Vaio E14P hitam? Nana Podungge bangettt!
di Candi Cetho - Karanganyar

 GL7 16.32 300712
P.S.:
Postingan ini ditulis untuk mengikuti lomba di Because It's Me

Beberapa komen yang muncul di lapak sebelah, yang bakal digusur tanggal 1 Desember 2012. 

ohtrie wrote on Aug 4
Wow salut dg konsistensinya mBak...
Aku iri je
afemaleguest wrote on Aug 6
ohtrie said
Wow salut dg konsistensinya mBak...
Aku iri je
waaahhh ... semangat tetap ada ... waktu luang yang ga ada akhir-akhir ini ... *ngeles.com*
onit wrote on Aug 4
 TheJakarta Globe mewawancaraiku
ninelights wrote on Aug 4
onit said
nemu linknya :)
http://www.thejakartaglobe.com/lifeandtimes/blogging-in-english/313712
kereeeeeeennnnnnnn!
afemaleguest wrote on Aug 6
kereeeeeeennnnnnnn!
:-D
martoart wrote on Aug 4
onit said
http://www.thejakartaglobe.com/lifeandtimes/blogging-in-english/313712
copast dikit ah...

"9. Nana Podungge
afeministblog.blogspot.com
Nana Podungge’s most recent post on her blog, “A Feminist Blog,” discusses the topic of religion. Podungge considers herself a secular Muslim. Her religious views are mixed with the other main focus of her blog, a woman’s role in society. A unique combination, Podungge’s blog provides insight into controversial topics."
afemaleguest wrote on Aug 6
martoart said
copast dikit ah...
^^
ninelights wrote on Aug 4
kakak Nana ikutan jugaaa? ihiyyyy
Mbak....itu sepertinya karena hasil copas dari word ke journal membuat icon smiley atau sadnya jadi berubah huruf L dan J deh... :)

Baru tahu kalo mbak hobi banget bersepeda. Or maybe karena aku jarang banget mampir ke sini yah...jadi belum banyak tahu Mbak Nana... ah, pardon me for unpolite habit ...I'll fix it dan sering-sering banyak baca.
afemaleguest wrote on Aug 6
Baru tahu kalo mbak hobi banget bersepeda.
setahun terakhir ini aku sedang suka bikepacking :)
rengganiez wrote on Aug 4
Judulnya cucok banget nih...keren, mba..

Ak kenal mb nana lum lama, mau nguplek2 blognya ahhhhh
afemaleguest wrote on Aug 6
Ak kenal mb nana lum lama, mau nguplek2 blognya ahhhhh
silakan Jeng Niez :)
onit wrote on Aug 7
Ak kenal mb nana lum lama, mau nguplek2 blognya ahhhhh
jadi inget, aku dulu nemu mbak nana udah lammaa.. krn udah exist di internet.. kusuka baca2 tulisannya..

senang akhirnya nemu di multiply, jadi bisa temenan ^^

(coba kalo gak ada multiply, hiks *lah kok sentimentil*)
afemaleguest wrote on Aug 7
onit said
jadi inget, aku dulu nemu mbak nana udah lammaa.. krn udah exist di internet.. kusuka baca2 tulisannya..

senang akhirnya nemu di multiply, jadi bisa temenan ^^

(coba kalo gak ada multiply, hiks *lah kok sentimentil*)
makanya heran waktu Onit ngeadd aku, pesannya, "wah ... ternyata mbak Nana ada di multiply juga ya?" ... kok kesannya udah kenal aku ya? tapi kok baru ngeadd di MP? :)
onit wrote on Aug 7
makanya heran waktu Onit ngeadd aku, pesannya, "wah ... ternyata mbak Nana ada di multiply juga ya?" ... kok kesannya udah kenal aku ya? tapi kok baru ngeadd di MP? :)
hehe di situlah aku gak suka ngeblog non-anonymous mbak.. krn ntar pembaca kenal aku, tapi aku gak kenal pembaca. makanya aku ke multiply ^^
afemaleguest wrote on Aug 7
onit said
hehe di situlah aku gak suka ngeblog non-anonymous mbak.. krn ntar pembaca kenal aku, tapi aku gak kenal pembaca. makanya aku ke multiply ^^
ah yeah ... I got it (I related it to your previous post :) )
rembulanku wrote on Aug 5
muantep
aku seneng fotone mbak :D
yg rehat buka laptop itu xixixi
keren banget dah
afemaleguest wrote on Aug 6
muantep
aku seneng fotone mbak :D
yg rehat buka laptop itu xixixi
keren banget dah
iya La ... aku juga suka foto itu ... di Karimun Jawa, iseng di tengah jalan begitu sangat mungkin banget dilakukan. hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar